Catat Ya Pak, Ini Dia Cara Mengatasi Bayi Menangis

Mengatasi bayi menangis, ternyata tidak sulit, lo. Jadi kini ayah tidak perlu cemas lagi bila ditinggal berdua dengan si Kecil. Sadar atau tidak, beberapa ayah fobia bila ditinggal berdua dengan bayi. Bukan tak sayang, tetapi cemas bayi bakal menangis dan tak tahu teknik mengatasi kondisi tersebut. Padahal, keterampilan untuk mendinginkan bayi tak mesti melulu dikuasai ibu. Ayah pun perlu mengetahui caranya.

Cara Mengatasi Bayi Menangis


Misalnya saat suatu hari istri kita ingin dapat menikmati me-time dan tidak banyak lepas dari repotnya mengurus bayi dan lokasi tinggal tangga, Anda butuh tahu bagaimana mendinginkan bayi yang menangis. Dalam situasi ini ayah butuh tahu penyebab si Kecil menangis.

Identifikasi penyebab tangisan bayi


Ada tidak sedikit hal yang dapat menciptakan bayi rewel atau menangis. Dengan memahami penyebabnya, kita pun dapat tahu apa tahapan tepat mengatasinya.

  • Bayi lapar

Umumnya bayi menangis sebab lapar. Berdasarkan keterangan dari dr. Dyah Novita Anggraini, bayi yang rewel sebab lapar dapat memperlihatkan sejumlah tanda.

“Tangan bayi seringkali akan mengepal, mengisap tangan atau jarinya, menggerakkan bibir, atau menolehkan wajah ke arah ibunya biasa menyentuh pipinya untuk menyerahkan ASI. Biasanya, tangisannya bakal berirama dan berulang, lantas makin keras dan tak kunjung berhenti,” dr. Dyah mengungkapkan. Jika ini terjadi, segera berikan bayi susu atau makanannya laksana yang barangkali sudah diinstrusikan.

  • Popoknya basah atau penuh

Beberapa bayi paling sensitif terhadap popok yang basah atau kotor. Cek pun popoknya ketika bayi menangis. Jika tampak basah atau penuh, segera ganti. Apabila terdapat ruam popok ketika Anda mengubah popoknya, berikan ia losion eksklusif ruam popok yang aman guna kulitnya.

  • Ruangan terlampau dingin atau panas

Selama dalam kandungan, suhu di dalam kandungan relatif stabil. Oleh sebab itu, evolusi suhu terkadang membuatnya merasa terdapat sesuatu yang tidak beres, sampai-sampai ia menangis.

Apabila bayi terdapat di ruangan yang dingin, pindah ia ke ruangan yang lebih hangat dan selimuti atau beri pakaian berlapis yang nyaman. kita juga dapat sambil memeluknya. Begitu pun saat bayi sedang di ruangan yang buat dia gerah, pindahkan ia ke lokasi yang lebih dingin atau sejuk.

  • Mengantuk

Bayi yang telah mengantuk akan menyerahkan tanda untuk orang tuanya dengan tangisan dan ingin lebih rewel. Cobalah guna menidurkan bayi ketika ia tampak menguap atau mengucek mata. Sekadar mengingatkan, pada minggu-minggu mula setelah kelahirannya, rata-rata bayi memerlukan 16-18 jam tidur masing-masing harinya.

  • Gangguan pencernaan

Perut kembung bisa buat bayi jadi rewel terus-terusan. Kondisi ini dinamakan sebagai kolik. “Yang dapat Anda lakukan ialah membuatnya berserdawa supaya gas di dalam perutnya dapat keluar. Kolik juga dapat diatasi dengan menyerahkan pijatan lembut sehaluan jarum jam di lokasi perut bayi dengan minyak telon.”

  • Bayi merasa takut

Bayi yang baru lahir gampang merasa takut sebab adanya evolusi lingkungan. Dokter Dyah memberi tahu, ketika bayi takut, seringkali ia bakal menangis dengan mata terbuka, tatapannya juga terlihat menerawang. “Segera peluk, dekap, atau gendong bayi dengan erat. Meski ia tak mengerti, katakan bahwa ia aman sedang di dekapan Anda,” ujarnya.

  • Bayi sakit

Tanda umumnya ialah suaranya bakal keras dengan nada dan intensitas tinggi dari awal. Matanya bakal tertutup, dengan wajah terlihat mengernyit, mulutnya juga terbuka. Apabila bayi pun mengalami demam, muntah, atau diare yang membuatnya rewel dan susah untuk ditenangkan, usahakan ia segera diangkut ke dokter anak supaya ia menemukan perawatan yang tepat.

  • Sekadar hendak digendong

Di samping tujuh dalil di atas, dapat jadi dalil bayi menangis sekadar hendak diperhatikan. Dengan menggendongnya, bayi bakal menjadi lebih nyaman dan secara tidak langsung seakan memberitahukan untuk bayi bahwa kita akan tidak jarang kali ada untuk mengawal dan melindunginya.

Cara menanggulangi bayi menangis


Setelah tahu sumber tangisan bayi, tenangkan ia segera mungkin dengan mengerjakan cara-cara ini.

  • Buat suara-suara aneh

Dikutip dari laman komunitas BabyCenter, walau mungkin tersiar konyol, Anda dapat menciptakan suara-suara mengherankan dan menyanyi untuknya. Mengucapkannya dengan nada tidak banyak tinggi juga dapat membantu.

  • Biarkan sebentar

Tangisan bayi dapat juga melulu karena dia hendak diperhatikan. Gendong ia, goyangkan dengan lembut, dan ajak ia mengobrol. Sering kali ini dapat menenangkannya.

  • Gendong dan ayun

Bayi suka sekali dengan gerakan-gerakan dan seorang ayah biasanya berpengalaman dalam menggendong dan melayangkan bayi. Nantinya, bayi bakal lebih tenang.

  • Mainkan jari

Bersihkan penyebab bayi menangis bukan sebab ia lapar, popoknya basah, atau perut kembung, Anda dapat memasukkan jari ke mulutnya. Namun, pastikan guna cuci tangan dulu dan kuku kita tidak panjang, ya!

Mengemut sesuatu dapat membuat bayi lebih tenang, terutama andai ia sedang inginkan tumbuh gigi. Pada masa ini, kita juga dapat memberikannya teether.

  • Mengalihkan perhatiannya

Arahkan bayi menyaksikan sesuatu yang unik perhatiannya. Misalnya menyaksikan kipas angin, mainannya, burung yang beterbangan, dan lain-lain. Biasanya, perlahan tangisan bayi bakal mereda.

Anda juga dapat memberikannya mainan sembari membelainya. Beberapa unsur tubuh yang nyaman guna dibelai ialah pipi, perut, punggung, atau kaki.

  • Mengajak bayi jalan-jalan

Kalau bayi masih menangis, Anda dapat menaruhnya di stroller-nya dan bawa ia jalan-jalan di sekeliling lokasi tinggal. kita juga dapat bersenandung ketika mendorong stroller-nya.

  • Berikan dia dot

Cara ini melulu boleh dilakukan bilamana bayi telah berusia 4 minggu. Mengisap dot dapat diandalkan  dapat mendinginkan bayi karena tersebut serupa dengan puting ibunya.

Sesudah menyimak cara-cara di atas semua ayah tak butuh lagi keadaan bingung saat menanggulangi bayi menangis. Percayalah, kian sering kita berduaan dengan bayi, Anda bakal terbiasa dengan sigap dan tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Advertiser